Breaking News

Beberapa tempat termurah Eropa di Polandia


Sebagai kota tua penuh sejarah dan sekaligus salah satu kota termurah di Eropa, Krakowpun beralih menjadi destinasi kota terfavorit yang ada di Polandia dan bahkan kabarnya lebih populer daripada ibukota Warsaw. 
Dihiasi dengan bangunan ber-arsitektur menawan, kastil kuno yang dulu menjadi kediaman para raja hingga sudut-sudut kota yang cantik hanyalah sebagian dari alasan mengapa Krakow begitu banyak menarik perhatian para turis.
Sebagai kota kuno, tentunya ada banyak kisah sejarah yang terjadi selama berabad-abad di kota ini. Ada banyak spot tempat menarik di kota Krakow dimana beberapa bakalan masuk dalam daftar 5 destinasi wajib dikunjungi di bawah ini. 
01 Tempat tinggal Raja di kastil Wawel
Berdiri diatas bebatuan gamping Kastil Wawel merupakan kastil pertama yang menjadi kediaman resmi bagi pemimpin pertama Polandia di zaman dahulu kala. Selama berabad-abad, kastil ini ditinggali oleh para raja-raja Polandia hingga akhirnya berakhir diabad ke-17 saat pusat kepemimpinan dan kediaman resmi dipindah ke Warsaw.
Kastil ini menyimpan banyak catatan sejarah pembentukan Polandia dan menjadi landmark penting bagi negara tersebut. Kini, kastil ini menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh para turis. 
02 Kota Rynek Glowny
Tak akan lengkap berwisata ke suatu daerah tanpa menyusuri jalanan pusatnya atau yang di Indonesia dijuluki sebagai alun-alun. Rynek Glowny sangat populer di Krakow dan selalu ramai oleh para pengunjung. Sebagai salah satu alun-alun terbesar yang ada di Eropa, Rynek dipenuhi oleh banyak kafe-kafe dengan makanan lezat dan dikelilingi bangunan-bangunan menarik dengan arsitektur cantik.
Dijamin bakal buat waktu bersantai di tempat ini terasa sangat mengasyikkan. Seringkali pula di tempat ini dilaksanakan pertunjukan oleh para musisi jalanan dengan menggunakan alat musik klasik khas orkestra.
03 Monumen bersejarah di Kościuszko Mound
Kościuszko Mound dibangun sebagai tempat untuk mengenang pertempuran yang pernah terjadi di lokasi tersebut antara tentara Polandia dan Amerika serta secara khusus untuk menghormati dan mengenang sosok Tadeus Kościuszko yang menjadi pahlawan selama masa tersebut. Menyusuri tempat ini sangatlah menarik terlebih karena saat berada di atas gundukan, panorama alam dan kota Krakow dari kejauhan akan terlihat cantik dan menawan.
04 Naga Smok Wawelski
Kastil Wawel, gereja maupun bangunan kuno lainnya yang ada di lokasi Wawel Hill dibangun di atas batu gamping kuat yang terbentuk berjuta-juta tahun yang lalu. Namun rupanya dizaman dahulu kala, kekokohan dari batu tersebut tidaklah seperti yang terlihat sekarang.
Jauh sebelum terdapat bangunan-bangunan dan peradaban masyarakat masih sangat kuno, Wawel Hill memiliki banyak gua dan ruang-ruang bebatuan gelap serta menakutkan yang menjadi sarang bagi sesosok naga yang sangat jahat dan sadis bernama Smok Wawelski. Dikisahkan, sang naga kerap kali memakan domba dan gadis-gadis muda hingga para gadis di desa tersebut pun menjadi sangat sedikit.
Di tengah situasi penuh frustasi, raja kemudian menjanjikan bagi siapa pun ksatria yang bisa mengalahkan sang naga maka ia akan memberikan putri semata wayangnya untuk dinikahi ksatria tersebut. Kabar menyebar dan gerombolan ksatria berdatangan, namun pada akhirnya tak ada yang berhasil  dan kesemuanya meninggal dibunuh oleh sang naga kecuali satu orang.
Seorang pria yang merupakan anak tukang sepatu, datang kehadapan sang naga dengan domba mati yang rupanya diam - diam telah ia isi dengan belerang, sang naga yang langsung menelan habis domba tersebut pun panik saat tenggorokannya terasa sangat panas dan kering. Ia pun berlari menuju sungai dan menengguk habis setengah isi sungai sebelum akhirnya perutnya meledak dan menewaskannya.
Terbebas dari teror naga, desa pun hidup dalam damai untuk pertama kalinya dan pria tersebut yang bernama Krak menikah dengan sang putri dan kemudian menjadi raja disana, membangun istana tepat di dekat sarang naga dan meluaskan kerajaannya menjadi kota yang kemudian dinamakan sebagai kota Krakow.
Hingga hari ini, gua sang naga masih ada dan menjadi salah satu lokasi wisata penting yang ada di Krakow. Terlepas dari kebenaran suatu legenda, tentunya tak ada yang ingin melewatkan berkunjung ke tempat tinggal sang naga jika berkesempatan ke Krakow kan?
05 Tambang garam Wieliczka
Tambang garam Wieliczka menjadi tempat tambang satu-satunya yang masih ada sejak zaman dahulu kala tepatnya diabad pertengahan. Tambang ini terbentuk dengan 9 tingkat dimana terdapat danau dan lorong-lorong yang luasnya mencapai 300 km, menjadikan berada didalamnya seolah berada di dunia lain.
Selama berabad-abad, tambang ini telah dikunjungi oleh banyak tokoh-tokoh penting dan oleh jutaan manusia dari seluruh dunia. Tambang ini juga menjadi salah satu situs paling pertama yang masuk dalam daftar situs warisan dunia oleh UNESCO.
Yang lebih menarik lagi, seluruh isi di dalam tambang yakni patung hingga ukiran-ukiran semuanya terbuat dari garam. Wah, jelas gak boleh dilewatkan nih bila berkunjung ke Krakow!
Gimana guys, seru kan? Jadi salah satu kota termurah dan punya banyak tempat menarik, tentunya wisata ke Krakow gak boleh dilewatkan nih bagi siapa pun yang berniat berkunjung ke Polandia.