Senin, 28 Agustus 2017

Kisah si Kapal pembawa sial


Hunley adalah kapal selam milik Konfederasi, yang dibuat di tahun 1863. Kapal ini terlibat dalam perang sipil Amerika (gak, gak ada Iron Man dan Capten America), dan tercatat sebagai kapal selam tempur pertama yang sukses menenggelamkan kapal musuh. Tapi realitanya gak seapik rekor tadi.

Pertama, kapal selam ini tercatat sering tenggelam. ya, namanya kapal selam ya sering "main" di bawah air. Tapi untuk Hunley, dia benaran tenggelam. Dan itu terjadi berkali-kali. Pertama kali, 8 krunya tewas saat Hunley tenggelam, 29 Agustus 1863. Kapal selamnya diangkat, diperbaiki, dan dicoba berlayar lagi. dan kembali tenggelam tanggal 15 Oktober 1863. Kali ini si perancang, Horace Hunley ikut jadi bagian 5 kru yang tewas.

Masih belum jera, kapal ini diangkat dan diperbaiki lagi. Ia dipakai untuk menyerang kapal milik Union, USS Housatonic, yang lagi memblokade pelabuhan Charleston, pada tanggal 17 Februari 1864 malam. Dan mereka sukses menenggelamkan kapal tersebut dengan torpedo.

Namanya masih tahun 1800-an, torpedonya bukan seperti sekarang. melainkan tong berisi bubuk mesiu yang dipasang di ujung tiang panjang, dan Hunley mesti menabrakkannya ke kapal target. Bukan misi kamikaze, makanya ada tiang sebagai jarak antara "torpedo" dan Hunley sendiri.

Tapi hasilnya sama aja. Hunley gak pernah balik ke markas. Kenapa? Ketahuan 150 tahun kemudian, ternyata Hunley ikutan tenggelam. Baru ditemukan di tahun 1995, dan diangkat di tahun 2000 tadi.

Penelitian menunjukkan, 8 kru Hunley pada modar akibat efek gelombang ledakan. Gelombang ledakan dari torpedo merambat melalui air, menembus tubuh kru Hunley dan merusak jaringan paru-paru dan otak mereka. Gak heran gak nampak upaya kru untuk menyelamatkan diri, menyalakan pompa untuk mengeluarkan air atau upaya penyelamatan lain.

Total, H. L. Hunley tenggelam 3 kali dalam kurun waktu sekitar setengah tahun, Total, kapal selam ini sukses menewaskan 26 orang, dimana cuma 5 orang korban dari USS Housatonic yang mereka tenggelamkan. Sisanya? 21 kru Hunley sendiri!


EmoticonEmoticon