Jumat, 23 Maret 2018

Kesadaran diri sebelum mengkritik orang lain

Kesadaran diri sebelum mengkritik orang lain


 
Sebuah hasil penelitian mengatakan, penilaian seseorang terhadap kekuatan, kelemahan, dan penyebab kegagalan dirinya, ternyata berkorelasi rendah dengan penilaian orang lain terhadapnya, yakni hanya sekitar 40 persen.

Artinya, kita tidak “tahu” tentang diri kita, seperti yang kita sangka. Penilaian tentang diri sendiri tentunya sangat penting sebelum kita “menjual” diri, terutama saat sebelum menghadapi wawancara kerja.

Semoga Anda tidak menjadi orang yang “palsu” sebelum menghadapi realitas dan tetap menjadi sosok yang sebenarnya pada dunia maya.

Nilai yang Absolut

Terkadang kita suka salah setelah menilai seseorang. Padahal bisa jadi kamu salah menilai dia, karena memang tidak tahu yang sebenarnya.

Kalau kamu cuma menilai rekanan berdasarkan intuisi, kamu akan mudah terjebak pada tuduh menuduh dan malah hal ini akan merugikan kamu loh…

Lihat sejauh mana kelebihan kamu

Jika kamu merasa orang lain lebih dibandingkan rekanan. Apakah kamu pernah berpikir, bagaimana mereka melakukan kebenaran tapi selalu salah dimatamu?

Kamu pasti pernah berbuat kesalahan, atau mungkin saat ini kamu sedang melakukan kesalahan?! Jangan sampai hal buruk terjadi dalam hidup kamu, karena kamu banyak menyalahkan sikap dan perilaku orang lain.

Harus tahu bagaimana rasanya disalahkan.

Karena terbiasa menyalahkan seseorang, terkadang kamu lupa dengan kesalahan diri sendiri. Sebaiknya, kamu ngaca terhadap diri sendiri sebelum kamu menyalahkan orang lain.

Pendapat orang lain tentang kekurangan kamu

Jika kamu sering melihat kesalahan orang dengan mudah, kamu juga mudah untuk mengkritik dan menyindir orang lain. Sebaiknya kamu meminta orang lain untuk menilai diri kamu.
Sadarilah, setiap orang pernah melakukan kesalahan. Perbedaannya apakah kamu sadar atau belum untuk mengerti kesalahan diri sendiri.


EmoticonEmoticon