Breaking News

Anda harus memiliki kemampuan ini jika ingin sukses sebagai pengusaha

Memulai bisnis tidak sekadar memikirkan modal, ide produk, dan pangsa pasar. Anda juga perlu menguasai beberapa ketrampilan atau skill bisnis yang menunjang keberhasilan usaha Anda.Berikut ini beberapa skill yang anda harus miliki....

1. Negosiasi

Bisnis selalu melibatkan kerjasama, dan negosisasi adalah kunci utamanya. Sebab itulah kemampuan melakukan negosiasi dengan baik sangat vital di sini. Pebisnis handal harus mau belajar mendengarkan, mengevaluasi variabel-variabel penjualan, mengidentifikasi faktor utama yang mempengaruhi keputusan pembeli, mengatasi keberatan, dan menemukan cara untuk mencapai kesepakatan.

Jangan pula remehkan arti berjabat tangan di awal dan akhir sesi negosiasi, karena menunjukkan ketulusan bekerja sama dan mencapai kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak.

2. Kemampuan manajerial

Jadilah pemimpin yang mampu membangun dan mengkoordinasikan setiap anggota tim bisnis Anda. Tak perlu terlalu sering mengadakan meeting, tapi tekankan pada tim Anda untuk fokus pada hal terpenting yang harus diselesaikan di hari itu, agar lebih produktif.

3. Kemampuan menjual

Bicara bisnis tak akan jauh dari ihwal jual-menjual. Sebab itulah kemampuan yang satu ini juga perlu dimiliki. Dengan menguasai marketing skill, Anda bisa memahami konsumen serta tahu cara untuk mengembangkan produk Anda dengan baik. Poin yang perlu Anda cermati adalah menemukan target pasar yang ingin membayar harga premium, mendapatkan lebih banyak pelanggan, menjual lebih banyak produk dan lebih sering.

4. Analisis

Anda harus selalu siap menghadapi tantangan dan mengantisipasi perubahan yang datang dengan cepat. Jika kesempatan datang dan Anda tidak siap, Anda telah melewatkan peluang untuk maju beberapa langkah. Maka itulah Anda harus punya kemampuan analytical thinking agar lihai menganalisis laju bisnis Anda. Dengan demikian, Anda bisa mengantisipasi kemungkinan terbaik hingga risiko terburuk sekalipun.

5. Pemecahan masalah

Selalu ada kendala dalam perjalanan bisnis. Di sinilah Anda ditempa untuk mampu mencari solusi terbaik demi kelangsungan bisnis Anda. Temukan cara cerdas, efektif dan efisien sehingga masalah dapat diatasi dengan segera.