Rabu, 21 Juni 2017

Travis Kalanick akhirnya mundur dari jabatannya sebagai Chief Executive Officer.


Trensports69 - Travis Kalanick akhirnya mundur dari jabatannya sebagai Chief Executive Officer. - Membangun dan menjalankan operasional Uber sejak 2009, Travis Kalanick akhirnya mundur dari jabatannya sebagai Chief Executive Officer (CEO).

Mundurnya Kalanick tak dapat dipungkiri dipengaruhi tekanan dari investor. Keputusan ini diambil hanya sepekan setelah Kalanick diminta cuti sementara dari kursi CEO.

Bagaimanapun, Kalanick masih akan berada di Uber, menempati jajaran direksi perusahaan ride sharing tersebut.

"Saya mencintai Uber lebih dari apapun di dunia ini. Dan pada momen sulit di kehidupan personal saya, saya menerima permintaan para investor untuk mundur, sehingga Uber bisa terus maju, ketimbang terganggu oleh perselisihan lain," ujarnya.

Sebelumnya, cuti sementara Kalanick disebutkan karena alasan sedang berduka, karena kematian ibunya yang meninggal dalam kecelakaan kapal baru-baru ini. Cuti sementara juga dimaksudkan untuk memperbaiki skill kepemimpinannya. Tapi akhirnya dia sekalian mengundurkan diri.

Beragam kontroversi menerpa Kalanick dan Uber yang dipimpinnya. Belum lama ini, dia ketahuan membentak sopir Uber yang protes soal tarif serta pernah menulis memo panduan hubungan seks para karyawan.

Selama sebulan, Uber juga diinvestigasi biro hukum yang dipimpin mantan Jaksa Agung Amerika Serikat Eric Holder terkait dugaan pelecehan seksual yang terjadi di kantor pusat mereka. Dan direkomendasikan untuk meminimalisir otoritas Kalanick serta mengendalikan keuangan, sumber daya manusia serta sikap para manajer Uber.

Sebanyak 47 rekomendasi disetujui oleh dewan direksi Uber. Ini adalah titik balik bagi Uber untuk memperbaiki budaya perusahaan yang dikatakan tidak bagus.

Selain sikap kontroversial Kalanick, Uber juga direpotkan dengan gugatan hukum yang dilakukan Waymo, perusahaan mobil otonom milik Alphabet. Uber dituding mencuri teknologi Waymo. Dan di bawah kepemimpinan Kalanick, cukup banyak eksekutif penting Uber mengundurkan diri.


EmoticonEmoticon